Boneka Jari, Cerdaskan Kognif Anak

Boneka Jari
Tahu kah kamu boneka jari ?
Boneka Jari atau finger puppet adalah boneka yang sesuai dengan namanya dimainkan dengan menggunakan jari biasanya terbuat dari bahan kain flanel, bentuknya pun lucu dan menarik. permainan ini sangatlah edukatif, dapat dijadikan sebagai penyampaian suatu cerita/Mendongeng, penyampaiannya yang begitu menarik dapat membuat perhatian anak-anak tertarik untuk senantiasa mendengerkan alur cerita dengan tokoh peraga boneka jari.


Kenapa harus dengan boneka jari dalam penyampaian pembelajaran
Ternyata si boneka jari ini dapat menimbulkan daya tarik siswa loo,
boneka jari juga dapat membangkitkan minat bagi siswa untuk belajar, Dapat mengembangkan imajinasi siswa, Menambah keaktifan siswa, Dan menambah suasana gembira pada siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Berapa harga boneka Jari ???
Tenang saja tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam untuk membeli boneka jari. boneka jari dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat juga. 

Bagaimana sih pembuatan boneka jari ??
     Mudah sekali pembuatan boneka jari, berikut adalah langkah-langkah pembuatan boneka jari dengan sederhana :
     Alat dan bahan yang diperlukan yaitu
a.       Kain flanel baru atau pun sisa;
b.      Benang jahit sesuai warna
c.       Dakron
d.      Gunting kertas atau kain;
e.       Bolpoin
f.       Lem fox atau bisa juga lem tembak; dan
g.      Bagian-bagian pendukung misalnya, mata boneka mainan.

Cara Membuat :
1.      Letakkan jari telunjuk diatas kertas sebagai pola atau jari kita yang mana saja sebagai alat                     untuk mengukur; 

2. Gunting kain flanel tersebut sesuai dengan pola;

3. Jahit kedua pola tersebut dengan menggunakan tusuk festoon  


4. Contoh yang akan dibuat kali ini adalah pembuatan boneka jari dengan karakter dokter. Setelah selesai melakukan penjahitan pada bagian jari sekarang saatnya membuat kepala, pada bagian kepala buat kepala sesuai pola kemudian jahit kedua pola dengan tusuk feston perlu diperhatikan agar tidak menjahit seluruh bagian karna untuk bagian kepala perlu diisi dakron agar terlihat nyata setelah mengisi dengan dakron jahit semua bagian lalu hiasa kepala dengan bagian-bagian seperti mata, mulut dan hidung. Kemudian yang terakhir berikan hiasan seperti baju, jas putih untuk dokter, jilbab berilah hiasan agar terlihat menarik.